Observasi Penilaian Kelas oleh kepala sekolah

Pada tanggal 5 Maret 2024 Kepala sekolah melakukan observasi kinerja Guru melalui proses belajar mengajar guru terhadap murid. Observasi kelas merupakan kegiatan yang sangat penting dalam supervisi pengajaran, karena observasi kelas merupakan pencatatan yang dilakukan secara rutin. Pelaksanaan observasi kelas (classroom observation) adalah mengadakan pengamatan terhadap segala hal yang berhubungan dengan proses belajar mengajar yang terjadi di dalam kelas. Hal ini bertujuan agar observer dapat mempelajari praktik mengajar pada setiap guru yang diobservasi, untuk selanjutnya dijadikan refleksi untuk perbaikan pembelajaran kedepannya.

Observasi ini dilakukan untuk menciptakan inovasi dalam proses belajar mengajar dalam kelas agar selalu tercipta suasana pembelajaran yang bermakna.

Kegiatan observasi bisa dilakukan dengan proses take and give  antara guru mata pelajaran dengan teman sejawat.. Dari kegiatan ini, baik observer, maupun guru memeroleh pengalaman bermakna, sehingga nantinya dapat meningkatkan kompetensi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpihak pada peserta didik, dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan di satuan pendidikan.